Cari Blog Ini

Math'Vers

Math'Vers

Senin, 10 November 2014

STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM



A.  Pengertian strategi Pembelajaran
Pengertian strategi menurut istilah berasal dari kata Yunani, “stratogos” yang berarti keseluruhan usaha termasuk perencanaan, cara dan teknik yang digunakan untuk mencapai hasil yang maksimal. Sedangkan pembelajaran adalah proses belajar mengajar dikelas yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik dilingkungan sekolah.
B.  1) Pengertian Mengajar
Mengajar merupakan usaha mengorganisasikan lingkungan dalam hubungannya dengan anak didik dan bahan pengajaran. Mengajar pada hakekatnya adalah kegiatan yang dilakukan seseorang secara sadar untuk merobah tingkah laku atau memberikan keterampilan baru kepada seseorang. Tujuan mengajar adalah agar pengetahuan yang disampaikan itu dapat dipahami peserta didik. Guru yang berhasil mengajar disuatu sekolah belum tentu berhasil disekolah lain. Itulah sebabnya ada pendapat bahwa mengajar itu adalah suatu “seni” tersendiri.
2)   Prinsip Mengajar
Prinsip mengajar adalah suatu aturan yang berlaku bagi seorang guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Prinsip-prinsip tersebut disebuj juga Asas-asas Didaktik. Menurut Slameto (2010) ada 10 prinsip yang harus dipegang teguh oleh guru dalam mengajar: 1. Perhatian, 2. Aktivitas, 3. Appersepsi, 4. Peragaan, 5. Repetisi, 6. Korelasi, 7. Konsentrasi, 8. Sosialisasi, 9. Individualisasi, 10. Evaluasi,
3)     Teori  Mengajar
Beberapa teori mengajar yang dikemukakan oleh beberapa ahli antara lain adalah:
·                  Teori Mengajar Menurut Bruner 
 Mengajar Guru harus:
©                   Menguraikan pengalaman belajar yang perlu ditempuh oleh siswa.
©                   Menguraikan cara organisasi batang tubuh ilmu pengetahuan yang akan dipelajarinya.
©                   Menguraikan secara sistematis pokok bahasan yang akan disajikan.
©                   Menguraikan pengautan-pengautan dalam proses belajar mengajar yang dilaksanakan.


§  Teori Mengajar Menurut Ausubel
Dalam teori mengajar menurut Ausubel ini sering juga disebutkan bahwa mengajar adalah memberikan bahan verbal yang bermakna bagi siswa. Inti utama dalam mengajar ialah mengindentifikasi apa yang telah diketahui siswa dan menerangkan apa yang perlu diketahuinya serta lebih lanjut serta bagaimana menstrukturkannya sehingga apa yang dipelajarinya tersebut mudah untuk dipahami sebagai sesuatu kebetulan pengetahuan yang utuh.
C.  1) Pengertian Belajar
Istilah belajar merupakan istilah yang sudah lazim dikalangan masyarakat. Banyak para ahli telah memberi batasan atau definisi tentang belajar. Definisi belajar sangat sulit untuk diformulasikan secara utuh atau memuaskan, Karena melibatkan semua aktifitas dan proses yang diharapkan untuk dimasukan ataupun dihapus.
2) Prinsip-Prinsip Belajar
Menurut Slameto (2002: 27-28) calon guru atau pembimbing seharusnya sudah dapat menyusun sendiri prinsip-prinsip belajar, yaitu prinsip belajar yang dapat dilaksanakan dalam situasi dan kondisi yang berbeda, dan oleh setiap siswa secara individual. Prisip-prinsip belajar itu sebagai berikut:
©       Berdasarkan prasyarat yang dilakukan untuk belajar,
©       Sesuai hakekat belajar,
©       Sesuai materi atau bahan yang harus dipelajari,
©       Syarat keberhasilan belajar.
o        3) Teori Belajar
o                                                                             Jika menelaah literatur psikologi, kita akan menemukan banyak teori belajar yang bersumber dari aliran-aliran psikologi. Di bawah ini akan dikemukakan empat jenis teori belajar, yaitu:
§  Teori Belajar Behavioristik
§  Teori Belajar Kognitif
§  Teori Belajar Konstruktivisme
D.  Pengembangan Strategi Pembelajaran
Pengembangan strategi pembelajaran bagi guru/pengajar merupakan hal yang penting setelah pendukung yang lain dipandang cukup dalam upaya mewujudkan  pembelajaran yang dilaksanakan lebih secara mandiri oleh siswa itu sendiri, kompetitif dan bertanggung jawab.Strategi pembelajaran didalamnya mencakup pendekatan, model, metode, dan teknik secara spesifik.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar